Kreasi Mi Burung Dara


Beberapa bulan terakhir ini saya getol banget memasak makanan khas Indonesia. Berkenalan dengan bahan-bahan masakan eksotis khas daerah lain seperti kecombrang atau jagung pulut; maupun ngulik bumbu asli nusantara yang jarang banget dipakai di masakan populer seperti Cabe Puyang.

Maka saat mbak Riry dari Mi Burung Dara menghubungi untuk recook resep di situs Mi Burung Dara, saya seneeeng banget karena sebagian besar menu resepnya adalah makanan Indonesia berbahan dasar Mi Burung Dara. Cinta deh dengan produk anak negeri yang concern dengan masakan nusantara 😍

Pilihan jatuh ke Mi Seafood Sambal Puyang sbg resep yang akan saya recook. Eh, dari tadi ngomong Cabe Puyang, sekarang Sambal Puyang, emang ini makhluk apaan sih? Pernah denger ga?

Ini dia penampakan Cabya / Cabe Jawa / Cabe Puyang / Long Pepper (Piper Retrofractum) yang sudah dikeringkan. Cabe Puyang ini sudah dipakai sebagai perasa pedas pada masakan, misalnya untuk membuat Sambal Kacang. Jadi sebelum cabe Amerika Latin datang pada abad ke-16, rasa pedas yg dirasakan nenek moyang kita dulu bukan pedas di lidah khas cabe rawit, namun pedas hangat di perut.

Menurut seriouseats, di Barat sana Cabe Puyang banyak disalahartikan sbg Merica Hitam, padahal secara wujud maupun rasa sangat berbeda. Cabe Puyang memiliki rasa yg lebih kompleks: mewarisi sensasi hangatnya merica hitam, namun juga selintas terasa paduan kapulaga, pala dan kayumanis yang manis; serta rasa dingin di lidah (isis).

Sayangnya, popularitas Cabe Puyang semakin menurun seiring naiknya pamor Cabe Rawit sejak abad ke-17 😢 Kini Cabe Puyang hanya dimanfaatkan sebagai bahan jamu tradisional; padahal Cabe Puyang dengan rasa yg khas cocok banget loh dimasak dengan aneka sayur, daging atau olahan laut.

Cara mengolahnya mudah banget dan yang jelas sumbangan rasa Cabe Puyang ke Mi Sambal Puyang ini ga main-main, bikin rasanya khas, enak deh 😋

Mi Seafood Sambal Puyang
sumber: situs Mi Burung Dara

Bahan
1 bungkus Mi Telur Urai Pipih, rebus hingga lunak
2 siung bawang putih, cincang
100 gr udang, kupas dan sisakan ekornya
1 ekor cumi-cumi ukuran sedang, bersihkan dan potong bulat
6 buah bakso ikan, potong jadi 2 bagian
1 sdm kecap asin
1 sdt minyak wijen
2 batang daun bawang, potong 1 cm

















Bahan Sambal Puyang:
5 buah Cabai jawa/ cabai puyang, potong-potong
5 buah Cabai rawit, potong-potong
2 siung Bawang putih, potong-potong
5 butir Kemiri, potong kasar
100 ml Minyak goreng
4 sdm Cabai kering tumbuk/ chilli flakes
1/2 -1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
2 sdt gula pasir

Cara Memasak
1. Sambal Puyang: Goreng cabai rawit, kemiri, dan bawang putih hingga bawang kecokelatan.
2.Masukkan cabai jawa dan cabai kering, aduk-aduk hingga rata. Angkat. Haluskan bumbu tumis, garam, kaldu bubuk, dan gula dengan blender.
3.Masak kembali di atas api kecil, masukkan Mi Telur Urai Pipih. Aduk hingga rata, angkat dan sisihkan.
4.Tumis bawang putih hingga harum, masukkan semua seafood, bumbui dengan kecap asin dan minyak wijen. Masak hingga berubah warna, angkat.
5.Sajikan Mi Sambal Puyang dengan seafood dan taburan daun bawang.




Mi Cantik Manis



Sebagai cemilan manisnya, saya bikin Mi Cantik Manis. Duh siapa sangka sih kalau Kue Cantik Manis bisa kita bikin dari Mi? Rasanya mirip banget dengan Cantik Manis yang dibuat dari sagu mutiara, dapat kenyalnya, dapat manis gurih santannya, lembutnya, ahhhh lafff lafff 😋😋


Mi Cantik Manis
Sumber: situs Mi Burung Dara

Bahan
1 bungkus Mi Telur Urai Original
Pewarna merah muda secukupnya
Air secukupnya
125 gr Tepung hunkwe putih
1 liter Santan
150 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Memasak
1. Didihkan air, tambahkan pewarna merah muda. Masukkan Mi Telur Urai Original, masak hingga matang. Angkat dan tiriskan, dinginkan.
2.Potong-potong mi, kukus sebentar.
3.Campur semua bahan kecuali mi, masak di atas api sedang sambil diaduk hingga matang dan kental.
4.Masukkan mi, aduk rata.
5.Tuang dalam cetakan, diamkan hingga mengeras. Sajikan.


 Selain dua resep di atas, masih banyak resep-resep unik dan kreatif di situs Mi Burung Dara maupun official account Youtube Mi Burung Dara, dari sajian Indonesia sampai Internasional lengkap! Sekarang ga bingung lagi mengolah Mi Burung Dara, dibookmark situsnya dan subscribe akun Youtube-nya ya 😉


Comments