Monday, February 8, 2016

Product Testing: LOCK&LOCK Hard&Light


Bahwasanya manusia adalah makhluk yang paling pandai, bisa jadi benar adanya. Kita, manusia, entah bagaimana caranya selalu mampu menghadapi perubahan alam demi bertahan hidup. Ribuan tahun lalu saat manusia masih hidup berkelompok dan berburu, hasil buruan harus dihabiskan saat itu juga bila tidak ingin terbuang sia-sia. Namun sekarang, lemari ajaib bernama kulkas mengubah cara pandang kita akan makanan. Masakan yang kita masak hari ini, bisa kita simpan untuk beberapa hari, bahkan beberapa bulan ke depan. Begitu pula dengan aneka piranti dapur yang seolah sepele, namun begitu fundamental bagi kegiatan memasak kita.

Wajan anti lengket misalnya.

Siapa kira bahwa teknologi yang berkembang pada tahun 1950-an ini kini menjadi salah satu benda terpenting di dapur?

Tapi tentu saja, teknologi tak serta merta bebas dari resiko. Lapisan anti lengket umumnya terbuat dari polytetrafluoroethylene (PTFE) yang akan kehilangan daya anti-lengket nya seiring waktu. Selain itu PTFE rentan terhadap perubahan suhu ekstrem panas dan dingin serta gampang terkelupas saat tergores benda tajam atau yang terbuat dari bahan metal. Yang fatal, bila lapisan yang terkelupas tersebut ikut tercampur ke dalam masakan yang kita konsumsi. Bisa dibayangkan betapa berbahayanya kandungan metal yang mengendap di dalam saluran pencernaan kita selama bertahun-tahun?

Karena itu meski piranti anti lengket menjadi sebuah keharusan di dapur, memilih yang terbaik adalah kewajiban. Kita tidak mau bertaruh dengan kesehatan kan?


Selama 5 tahun berumah tangga, total saya sudah berganti wajan anti lengket lebih dari satu lusin. Belum genap enam bulan, pasti sudah saya buang karena lapisannya yang gampang sekali mengelupas. Padahal saya selalu menggunakan sutil kayu untuk wajan anti lengket dan tidak saya gunakan setiap hari. Maka saat mbak Ashila, Public Relations LOCK&LOCK Indonesia menawari Hard&Light, sebuah pan anti lengket keluaran LOCK&LOCK, jujur saja saya tidak terlalu berharap banyak. Namun setelah sebulan lebih mencoba (yup, sebulan lebih, mohon maaf mbak Shila, kelamaan ngetes nih), berangsur kepercayaan saya meningkat terhadap piranti masak anyar milik LOCK&LOCK ini.

Pertama, LOCK&LOCK Hard&Light memiliki lapisan Hard-Anodizing. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium (bahan utama pan) sebelum dilapisi dengan coating. Dengan demikian makanan yang dimasak di atas pan Hard&Light tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi goresan pada coatingnya. Selain itu, LOCK&LOCK Hard&Light tahan terhadap goresan dan telah melalui scratch test lebih dari 13.000 kali menggunakan steel cleaning pad (spons alumunium). Dengan demikian lapisan anti-lengket Hard&Light jauh lebih bagus dan tahan lama dari PTFE.

Kedua, barangkali ini sepele namun sangat penting: keseimbangan. Saya pencinta pan bergagang satu! Dibanding wajan berkuping dua, pan bergagang satu memberi kontrol lebih saat memasak. Tangan kiri memegang handle, sedangkan tangan kanan memegang sutil. Apalagi saat memasak tumisan, tangan kiri bebas mengangkat pan untuk mengaduk masakan. Masalahnya, selama ini pan bergagang satu yang saya miliki gagangnya lebih berat dari pan-nya. Sehingga bila memasak dalam jumlah sedikit, seringkali miring di atas kompor. Apalagi bila pan sudah digunakan beberapa waktu dan terdapat noda minyak di bagian bawah pan yang membuatnya licin saat ditaruh di atas kompor. Tak jarang, wajan miring dan minyaknya tumpah ke kompor sehingga apinya bertambah besar. Horor!

Sebulan terakhir mencoba LOCK&LOCK Hard&Light, saya merasakan keseimbangan antara gagang dan pan. Sejauh ini tidak pernah terjadi tragedi pan miring (apalagi jatuh!) padahal saya ga cuma pake Hard&Light untuk menumis, bahkan deep frying pun sering. Errr, sebenarnya pan bukan piranti yang cocok untuk deep frying sih, tapi karena Hard&Light memiliki tinggi sekitar 6 cm membuatnya cukup aman dan nyaman untuk menggoreng dengan minyak banyak. 

Secara tampilan, LOCK&LOCK Hard&Light tampil elegan dengan gagang yang handy dan ergonomis. Berdiameter 26 cm yang cukup lebar untuk menumis 2-3 porsi makanan. Beratnya jauh lebih ringan dari pan-pan saya sebelumnya, tapi anehnya, saat menggunakan LOCK&LOCKHard&Light saya merasa minyak lebih lama panas namun panasnya lebih merata sehingga masakan lebih cepat matang. Saya menduga, bahan pembuatannya yang berasal dari 99% alumunium murni membuatnya memiliki retensi serta konduktivitas panas yang baik.

Singkatnya, sebulan ini saya sangat mencintai kegiatan memasak di dapur sejak kehadiran LOCK&LOCK Hard&Light. Puas sekali! Terima kasih mbak Ashila, terima kasih LOCK&LOCK Indonesia!

Pad Thai
Sebenernya udah pake LOCK&LOCK Hard&Light buat bikin aneka masakan, dari pancake, sayur lodeh, aneka gorengan sampai buat manasin nasi bakar. Tapi kali ini saya khusus motrek step by step masak Pad Thai, salah satu masakan khas Thailand yang rasanya gurih dengan sentuhan rasa asam, manis dan asin. Satu resep ini bisa untuk 2-3 porsi, sesuai banget dengan kapasitas LOCK&LOCK Hard&Light!


Sumber: Food and Travel Magazine via Vania Samperuru

Bahan:
4 sdm minyak sayur
4 biji bawang merah, iris tipis
50 gr udang, kupas kulit
50 gr bakso ikan
2 butir telur
250 gr mie beras (kwe tiauw), rendam dalam air dingin selama 15 menit, tiriskan
1 cup kecambah besar
20 batang kucai
1 jeruk nipis
2 sdm kacang goreng cincang kasar (saya pakai kacang mete)
Cabe merah bubuk

Saus (campur, aduk rata, sisihkan)
2 sdm kecap ikan
2 sdt cuka beras
2 sdt pasta asam (rendam 1 sdt asam jawa dengan 2 sdt air matang, gunakan air rendamannya)
2 sdm gula pasir

Cara membuat:

Panaskan minyak di wajan LOCK&LOCK Hard&Light, tumis bawang merah hingga harum.

Masukkan udang dan baso ikan, tumis selama 1 menit

Tuang campuran saus dan telur kocok, tumis hingga rata

Masukkan mie, kecambah dan kucai

Masak, aduk sesekali hingga bumbu tercampur rata dan udang matang. tambahkan sedikit air bila perlu. Tes rasa.

 Sajikan dengan perasan jeruk nipis, taburan kacang mete dan cabe bubuk.


PT. LOCK&LOCK INDONESIA
Tel: 62 21 5794 8200 / Fax: 62 21 5794 8201
Mobile: 0822 9901 3413
Website: www.locknlock.co.id

No comments:

Post a Comment