Friday, October 30, 2015

Kue Ku (Kue Thok) dan Jelajah Boga Indonesia

Kue Ku alias Kue Thok

Jadi begini. Di beberapa postingan terakhir, saya curhat betapa motrek makanan Indonesia itu ga seindah rasanya. Kita semua boleh jumawa betapa masakan Indonesia paling enak sedunia, tapi dengan rupa yang tidak fotogenik, apa iya anak cucu kita nantinya mengamini pendapat kita di tengah serbuan waralaba gerai fastfood dari western, Korean, Japanese dsb yang penampakannya lebih eye catching? Jangan-jangan waktu kita ngomongin kare, yang di kepala mereka terbayang karage; kita cerita tauco dikiranya taco K

Beruntung, saya dikelilingi orang-orang yang sedari awal sudah getol untuk memotrek masakan Indonesia dengan cantik. Saya yang mulanya antipati sama makanan Indonesia, lama-lama terketuk juga api keindonesiaan saya karena kompor mereka. Iseng-iseng kami bikin akun @jelajahboga di instagram untuk ikut serta dalam upaya mendokumentasikan masakan/makanan/minuman/buah/sayur khas daerah-daerah nusantara. Keinginan kami ga muluk-muluk, kami cuma ingin kita semua lebih getol motrek masakan Indonesia daripada masakan luar. Eh ini namanya muluk-muluk ya hahaha.

Jadi, buat kamu yang punya akun instagram, yuk sertakan tagar #jelajahbogaindonesia di caption foto masakan Indonesiamu, setiap harinya akan kami pilih 1-2 foto untuk kami kurasi. Selain foto, yang tidak kalah penting adalah resep atau cerita tentang masakan/minuman/buah/sayur tersebut. Misalnya nih foto keluwek, selain dibikin rawon biasanya dibikin apa? Atau barangkali ada tips untuk memilih keluwek yang bagus gimana? Dsb dsb. Karena kami yakin, setiap kuliner memiliki akar budaya yang berbeda, sehingga ceritanya pun berbeda.

Back to blog yang sudah 2 minggu libur, bebarengan dengan Pukis Pandan, 2 minggu saya juga bikin Kue Ku. Usut punya usut, ternyata Kue Ku ini berasal dari Tiongkok. Ku dalam bahas Tionghoa dialek Hokkian berarti Kura-kura, untuk menyebut bentuknya yang menyerupai kura-kura. Rakyat Cina selalu menyediakan Kue Ku di perayaan-perayaan besar keluarga seperti kelahiran atau ulang tahun orang tua, karena bentuk Kura-kura menyimbolkan panjang umur dan rejeki berlimpah.

Sedangkan di Jawa, Kue Ku lebih familiar dengan sebutan Kue Thok karena saat mengeluarkan adonan Kue Ku dari cetakan kayu, bunyinya “Tok Tok”. Nah karena suatu kali tersesat di sebuah toko tua dan menemukan cetakan kayu Kue Ku yang sudah uzur, di kepala langsung terbayang kenyalnya kulit yang terbuat dari tepung ketan dan legitnya kacang hijau kupas sebagai isiannya. Alhamdulillah, Kue Ku yang diwarna dengan daun suji ludes hari itu juga. Enaaaak!!!


Ekstrak daun suji

Kue Ku
Sumber: Sedap Aneka Kue Tradisional via mbak Dida

Bahan:
250 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
100 gr gula pasir
300 ml santan dari ½ butir kelapa
½ sdt garam
2 lembar daun pandan

Bahan Kulit:
200 gr tepung ketan
50 gr gula halus
75 gr kentang kukus, haluskan
1 sdm minyak goreng
140 santan dari ¼ butir kelapa (kelapa parut diperas dengan air suji)
½ sdt garam


Cara Membuat:


Bahan Isi:
Kukus  kacang hijau hingga lembut, haluskan saat masih panas. Masak kacang hijau, gula, santan, garam dan daun pandan sambil terus diaduk hingga kalis dan bisa dibentuk. Dinginkan. Setelah dingin, ambil sedikit adonan isi lalu bulat-bulatkan sebesar kelereng. Lakukan hingga habis.














Bahan Kulit:
Campur semua bahan kulit, uleni hingga lembut.

Cara membentuk:


1.      Ambil sebagian adonan kulit, pipihkan, beri bola isian, lalu tutup dengan kulit
2.      Masukkan ke dalam cetakan kayu yang telah ditaburi tepung ketan
3.      Tekan-tekan dengan lembut sambil diratakan
4.      Balikkan cetakan sambil diketuk-ketuk hingga kue keluar, letakkan di atas daun pisang lalu kukus selama 15 menit

5.      Selama dikukus, tutup kukusan harus selalu dibuka tutup setiap 5 menit. Setelah matang, angkat lalu olesi minyak goreng tipis-tipis agar mengkilap dan tidak kering.

Siap masuk kukusan

2 comments:

  1. Cakep ya jadinya , sukaaaaak *sekalianngeteskomen*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Mellyyyyy, akhirnya muncul juga komennya. aku belom bisa komen disanaaa

      Delete