Sunday, October 25, 2015

Day 3

Pernahkah terbersit di benakmu, bahwa sudut pengambilan foto ternyata juga menentukan cerita foto kita? Dengan aneka bentuk hero, ada beberapa bagian yang pastinya lebih menarik untuk ditonjolkan daripada bagian lainnya. Atau mungkin bagi yang bikin sendiri, selalu ada bocel-bocel ketidaksempurnaan yang sebisa mungkin ga keliatan saat difoto :D

Ada berbagai sudut pengambilan gambar dalam FP, katakanlah sudut 10 20, 30 derajat, 45 derajat atau 90 derajat. Pemilihan sudut pengambilan gambar sangat krusial untuk menyampaikan cerita foto kita. Misalnya mau motrek pizza yang berbentuk datar pipih, apa ga kliatan kayak roti maryam kalo dipotrek pake sudut 0 derajat? Sebaliknya untuk motrek makanan yang memiliki volume dan ketinggian dengan lapisan cantik seperti burger, apa bisa bikin ngiler kalo dipotrek dengan sudut 90 alias dipotrek dari atas?

Karena itu, hal pertama saat mempertimbangkan mau memakai sudut pengambilan berapa, kita perlu tau bagaimana bentuk, tekstur, sifat dan apa yang menonjol dari hero yang akan kita potrek. Apa yang ingin kita perlihatkan ke audience? Lapisannya? Warnanya? Bentuknya? Teksturnya? Atau kegiatan yang sedang dilakukan?



Foto nangka ini misalnya, saya pengen memperlihatkan bentuk nangka kupas, sekaligus menunjukkan setting meja messy (ceritanya habis ngupas nangka trus mau dicemil gitu). Coba bayangin kalo nangkanya belum dikupas lalu difoto dengan sudut dari atas seperti ini, ga bakal keliatan kalo itu nangka kan?

So, foto nangka ini adalah foto pertama yang saya kumpulin untuk 30dbfp. Motreknya udah sore sekitar jam 5an, dengan matahari yang hampir tenggelam. Karena dikejar waktu, saya ga sempat utak-atik komposisinya. Jadinya ya, kaku gitu. Piring 1, 2 dan biji nangka berada pada satu garis lurus. Kalo mau diubah, saya bakal geser piring kiri lebih ke atas dan mengamini krisan Winda Priandita, untuk mengurangi nangka di piring kiri agar fokus ga rebutan antara piring 1 dan 2. Dan mungkin nambah beberapa serat atau biji nangka di sekitar piring. Atau nampak napkin juga? Entahlah. Gitu deh kalo motrek tanpa persiapan. 


Sekian laporan hari ke-3.  

No comments:

Post a Comment