Banana Cake




Buat yang hobi baking, pasti pernah (atau sering banget?) bikin banana cake. Gimana enggak, rata-rata resep banana cake sama aja (cuma beda di takaran), bahan2nya sangat home friendly dan yg terpenting, bisa dibikin dari bahan yang murah sampe yang mahal (ini penting di saat akhir bulan pengen ngemil hihi). Bahan utamanya cuma telur, tepung, gula dan lemak. Mau dibikin eggless bisa, tinggal tambahin bahan cairnya. Mau tambah susu/yogurt bisa, tinggal utak-atik perbandingan bahan kering : bahan basah. Lemak bisa dari mentega, margarin atau minyak sayur/minyak goreng. Mau legit bisa pake gula palem atau brown sugar (atau, hey udah pernah cobain pake gula merah?). Isiannya bisa dari kacang, choco chips atau tanpa isian juga udah okeh.

Kali ini saya bikin Banana Cake punya Julie Hasson. Ihwal resep ini, dulu saya sering kepoin twitter mbak Ienas Tsuroiya. Beliau jualan Banana Cake yang sepertinya selalu jadi best seller. Akhirnya saya dapat resep dari dapursolia yang berasal dari mbak Ienas Tsuroiya. Entah resep ini yang dipake beliau jualan atau ga, saya ga paham. Tapi yang jelas, cake ini enaaaak banget.


Catatan penting untuk setiap banana cake adalah pake pisang yang udah mateng banget, yang kulit luarnya udah kehitaman, daging buahnya lembut dan wangi. Selain itu, selalu ingat untuk tidak over stirred alias terlalu giat mengaduk. Rata-rata pembuatan banana cake pake metode muffin yaitu campur adonan kering ke adonan basah. Kalo kelamaan ngaduk, bisa bikin bantat.

Anyway, untuk foto banana cake kali ini saya lagi semangat banget pengen membangun setting dapur jadul homey dengan cahaya hangat. Foto ini diambil pukul 10 pagi yang cerah, dengan WB shade untuk mengakali kaca film jendela yang kebiruan. Semoga moodnya terasa ya.


Banana Cake
Sumber: Julie Hasson via dapursolia

Bahan:
350 gr tepung serbaguna
2 sdt BPDA
½ sdt garam
225 ml minyak sayur
175 gula pasir + 50 gr gula aren
4 butir telur (ukuran kecil)
450 gr pisang lumat
1 sdt vanilla
200 gr chocochip + kismis


Cara membuat:
Panaskan oven suhu 180 dercel.
Siapkan 2 loyang loaf, lapisi dengan baking paper.
Campur tepung, BPDA dan garam, aduk rata.
Kocok minyak dan gula hingga gula larut, tambahkan telur satu persatu.
Masukkan pisang dan vanilla, kocok.
Masukkan campuran tepung, aduk asal rata.
Tambahkan choco chip dan kismis, aduk rata.
Tuang adonan ke Loyang lalu panggang selama 50-60 menit atau sampai matang (lakukan tes tusuk).
Angkat, diamkan sejenak, lalu keluarkan dari Loyang, kelupas kertasnya.
Iris-iris dan sajikan dengan orang terkasih. Enyaaak!

 

Comments

  1. Replies
    1. makasih tanteeeeeee (panggil kakak dibales tante noh wakakaka)

      Delete

Post a Comment