Saturday, June 6, 2015

Week 18: Cold Beverages

Kalo dipikir-pikir, saya ga pernah motrek minuman dingin. Jadi saat tema 52WFPP minggu ke-18 ini keluar, saya langsung buka pinterest dan gugling foto2 minuman dingin, elemen apa saja yang diperlukan untuk menunjang kesegaran, styling serta aneka trik dan tips.

Seperti namanya, foto minuman dingin harus membuat siapapun yang melihat jadi mengelus dada eh tenggorokan alias clegukable. Bila foto minuman panas membutuhkan asap untuk menunjukkan kondisi panas, lalu sebaliknya bagaimana cara membuat foto minuman kita terlihat sangat segar?

Embun!


Embun di gelas, irisan lemon yang terlihat segar (transparan),
es batu yang mencair.
langsung haus liat foto milik @kxwardani, iya kan?

Yap, embun atau kondensasi “wajib” ada untuk menunjang kesan kesegaran suatu foto minuman dingin. Berikut beberapa catatan untuk menampilkan foto minuman yang clegukable:

-        Untuk mendapatkan hasil foto seperti halnya foto produk minuman dingin dengan embun yang melimpah, lighting harus kuat, bisa jadi membutuhkan 2 sumber cahaya untuk dapat mengekspos butiran embun yang menempel di gelas

-        Cara mendapatkan embun di gelas: taruh gelas di dalam kulkas selama beberapa menit, sediakan es batu yang sangat banyak, siapkan set pemotretan. Setelah semua siap, taruh gelas dalam posisinya, isi es batu hingga hampir penuh, lalu tuang minuman dingin, tunggu beberapa detik hingga muncul embun.

-        Bila embun kurang terlihat jelas, gelas bisa disemprot dengan semprotan kecil

-        Pemakaian minuman berkarbonasi (soda) bisa mengangkat efek kesegaran, syaratnya minuman soda harus terlihat gelembungnya. Artinya harus kerja cepat, siapkan set seperti poin di atas, setelah semua siap isi gelas dengan es batu lalu air soda dan cepat2 dipotret, karena buih soda paling banyak saat dituang dan akan menghilang seiring waktu.


-        Bila menggunakan buah-buahan segar untuk air soda (misalnya mojito), buah2an semakin lama akan mengapung karena massa jenisnya lebih ringan dari air soda, jadi begitu air soda dituang, harus langsung dipotrek.


Gelembung soda menambah efek kesegaran
sruputable pict by @hennymarlina

-        Dari beberapa peserta di dapat penemuan tentang jenis bahan gelas dan kondensasi: gelas yang tipis (apalagi yg bersifat konduktor (penghantar panas) seperti stainless stell) akan lebih cepat berembun dan lebih lama menahan suhu dingin dibandingkan gelas kaca yang tebal atau terbuat dari bahan isolator

-        Bila semua cara telah dilakukan tapi kondensasi belum tertangkap dengan jelas, maka “mood” kesegaran yang harus diperkuat dari sisi styling, komposisi, warna atau property penunjang. Misalnya di sekeliling gelas diberi beberapa es batu yang mulai mencair, pemakaian warna-warna dingin seperti biru, hitam, hijau; sehingga meskipun gelas tidak berembun (atau kurang kelihatan), namun mood kesegaran bisa ditangkap audience.

Sudut pengambilan gambar

Karena bentuk gelas yang tinggi (vertical) maka angle paling tepat untuk menangkap isi gelas (beserta embun di dinding gelas) adalah eye level (sejajar mata). Namun meski begitu, aturan ini tidak bersifat baku. Memotrek minuman dingin di dalam gelas bisa saja dilakukan dengan Bird Eye View (BEV), namun beberapa yang harus diperhatikan bila menggunakan angle ini adalah informasi yang cukup mengenai apa yang ada di dalam gelas. Misalnya memotrek smoothie, perlu adanya bahan-bahan pembuat smoothie di sekitar gelas dan memperkuat mood kesegaran minuman tersebut lewat styling, komposisi, warna atau properti seperti pembahasan di atas.
minuman bisa tampil dengan BEV, asalkan
terdapat cukup informasi tentang bahan pembuat minuman.
pict by @nyirocker

Daaan, foto yang saya kumpulkan hanya segelas milkshake cokelat yang semoga bikin pengen siapapun yang lihat :D


Milkshake cokelat dg whipped cream dan oreo





No comments:

Post a Comment