Saturday, April 11, 2015

Week 1: BRIGHT

Minggu pertama @52WeeksFoodPhotographyProjects mengusung tema Bright. Karena keluguan dan kemurnian hati, saya pribadi mengartikan Bright sebagai penggunaan alas dan atau background berwarna putih, tapi ternyata Bright yang dimaksud @sefafirdaus di sini adalah kualitas dan kuantitas cahaya yang cukup ke hero (obyek foto). Alas, background dan properti putih (atau warna-warna terang lain) memang dapat mengangkat efek Bright dari sang hero, tapi sah sah saja menggunakan alas dan atau background gelap asalkan hero nya stand out karena kualitas cahaya yang memadai.

Terlepas dari definisi yang diberikan @sefafirdaus, ternyata memang ada “aliran” Bright dalam dunia Food Photography. Dalam makalah yang ditulisnya bersama Anita Chu untuk BlogHer Food Conference di Seattle tahun 2012, Stephanie  menjabarkan bahwa aliran Bright and Propped ini membangkitkan suasana pedesaan dan keindahan alam dengan penggunaan cahaya yang terang namun lembut, bayangan yang minim dan menggabungkan beberapa elemen di luar makanan serta detail akan background.

Berbeda dengan foto produk yang juga memakai cahaya yang terang, aliran Bright and Propped lebih banyak menyajikan pemandangan (sebagai background) dalam foto, sehingga foto terasa lebih bercerita (bandingkan dengan foto produk sifatnya to the point, langsung menyasar ke produk).

Fotografer makanan yang berada di jalur ini diantaranya adalah Helene Dujardin (Tartelette), Aran Goyoaga (Cannelle et Vanille), Mowie Kay (Mowielicious), Bea Peltre (La Tartine Gourmande), dan Lakshmi Wennäkoski-Bielicki (Pure Vegetarian).

Secara umum, karakteristik aliran Bright and Propped:

1. cahaya lembut
2. penuh corak dan warna
3. gambar yang ringan dan menyenangkan
4. dikerjakan dengan seksama
5. full framing dengan menyertakan elemen2 background dan latar depan
6. properti yang kuno (vintage) dan rustic




Back to #52WFPP, pemenang untuk tema minggu pertama Bright adalah:

Courtesy of @sari_sheriel

courtesy of @mindoel


courtesy of @rennyasti

2 comments:

  1. Eh ada fotoku... hihiii

    Haaaai Ki, pertama kali aku dolan ke imahmu di sini dan kayanya bukan yg terakhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mindyyyy, aaah i love your bright photo, sangat memorable! tenkyu ya udah mampirrrr :*

      Delete