Monday, April 6, 2015

52 Weeks Food Photography Projects


courtesy of @Sefafirdaus

Jujur saja, saya agak terkejut (sekaligus kegirangan) waktu melihat aplod @sefafirdaus di instagram 13 minggu lalu. Saat itu dia bilang akan memulai #52WeeksFoodPhotographyProject, yakni proyek mingguan di mana peserta (warga Indonesia) dipersilahkan mengaplod 1 foto setiap minggu berdasarkan tema di minggu tersebut, dan @sefafirdaus akan memberikan masukan di setiap foto.

Sebenarnya yang membuat kaget adalah, yah she’s a professional food photographer. Maksud saya, di sela-sela waktunya (saat itu beliau sedang mengerjakan thesisnya di Jerman) bersedia meluangkan waktu untuk membagi ilmu yang dimilikinya kepada kami yang masih ingusan dalam jepret menjepret makanan. Ini langka.

Usut punya usut, setelah diinterogasi halah, beliau ngaku kalo #52WFPP ini adalah caranya untuk kembali belajar tentang Food Photography, errrr ga kebalik ya?? Yup, @sefafirdaus ingin merefresh ilmunya setelah setahun lebih vakum dari dunia FP. Dan misi kecil lainnya, beliau ingin foodie-foodie Indonesia ini memiliki dasar pengetahuan yang cukup tentang Food Photography, sehingga tidak asal jepret makanan dan diunggah ke media sosial.

Sejak minggu ke-3, 2 food blogger, stylist dan fotografer yang sudah tidak asing lagi bergabung dengan Sefa untuk jadi #52WFPPTeam, yakni @tikanilmada dan @yulyan_parwati, aduh jadi terharuuuu karena makin seruuu (salut sama para professional yang sudi meluangkan waktu untuk berbagi ilmu, semoga jadi amalan ibadah, aamiin).

Jadi, kepada siapapun kamu yang tertarik ke dunia Food Photography dan punya akun instagram, yuk bareng-bareng belajar FP dengan ikutan #52WeekFoodPhotographyProjects. Persyaratannya gampang:
  1. Follow akun @sefafirdaus, @tikanilmada dan @yulyan_parwati
  2. Unggah 1 foto setiap minggunya berdasarkan tema foto yang diumumkan setiap hari Senin
  3. Batas pengumpulan foto setiap hari Sabtu pukul 20.00
  4. Silakan memotrek dengan kamera apa saja, mau diedit apa saja, bebas asalkan sesuai tema mingguan dan foto dipotret sendiri dalam jangka waktu tema yang sedang berlangsung, jadi bukan foto lama yang ditag atau repost apalagi fotonya orang lain
  5. Beri masukan ke foto-foto peserta lain, karena di sini kita belajar bareng, dan salah satu cara efektif untuk belajar FP adalah belajar membaca foto orang lain. Merasa minder memberi masukan karena ga tau teori FP? Gampang, kasi aja masukan dengan bahasamu sendiri, menurutmu apa yang kurang dari foto tsb, terlalu gelap? Terlalu terang? Miring? Blur dan tidak fokus? Warnanya terlalu gonjreng dan bikin silau? Terlalu sepi? Terlalu berantakan? Nanti lama-lama Insya Allah mulai dapat feelnya seiring dengan nambahnya ilmu (pengalaman pribadi jadi tukang komen sok tau hahahah)
  6. Setiap hari Rabu akan diumumkan 3 pemenang (ini bukan akun bagi-bagi hadiah ya) yang dipilih ke 3 #52WFPPTeam (sssst, bangganya melebihi masuk grid akun upload-upload an loh, hihihihi)
PS. Posting #52WFPP di blog ini bukan perwakilan resmi dari #52WeeksFoodPhotographyProjects yang diprakarsai @sefafirdaus @tikanilmada @yulyan_parwati, ini adalah catatan pribadi saya selama mengikuti #52WFPP, jadi yang benar-benar jadi catatan saya adalah yang selama ini saya tangkap dan saya interpretasikan

PS 2. Foto-foto yang bukan milik saya akan selalu saya tautkan ke empunya yang punya, saya akan berusaha untuk selalu minta ijin untuk setiap foto/artikel yang saya cantumkan di blog ini

PS3. Catatan ttg Food Photography di blog ini adalah interpretasi sy, jadi sangat mungkin terdapat kesalahan, bila ada yang nemu dan mau menambah kurangi, please kasi komen ya, I’d be appreciate that


No comments:

Post a Comment