Bronketem

I used to think that bronketem is highly overrated. Apaan sih para food blogger itu kok ya tergila-gila amit sama bronketem. I mean, bronketem gitu loh… yang pasti rasanya berpasir-pasir ga jelas, yang warnanya item (ya eyalaaaah) dan ga menarik buat dilihat, yang ndeso (boso inggrisnya ketan item apa coba? Black glutinous rice? Cari atuh resep luar pake kata kunci itu, pasti ga nemu kecuali resep dari indonesia).

Tapi you know me so well lah ya, I always eat my words. Wekekeke.




Tersebutlah tepung ketan item nangkring di rak tbk primarasa. Tanpa pikir panjang langsung ambil, tanpa ngecek harganya. Palingan harganya kayak tepung ketan putih, gitu pikir saya. Ndilalah waktu bayar, lha 20rebu cuma buat 500 gr tepung ketan item kumel itu, tau gitu ga ambil.  Huffft.

Maka bronketem harus dieksekusi, mau ga mau, eke kan ga mau rugi buang duit. Udah niat bikin, eh telur habis. Jadi baru bisa eksekusi jelang magrib, saat adik saya datang bawain telur titipan. Dan namanya penasaran, meski cucian segunung, tetep aja dijabanin bikin the overrated black glutinous rice flour steamed brownies. Duh namanya bikin capek ngetik.

Resep plek ketiplek nyontek sini 

Setelah matang, nunggu sampe anget (padahal kalo cake lain pasti panas-panas udah diicip). Difoto-foto dengan segala angle dan tetep aja ga keliatan teksturnya, udah malem, ini cake warna item pulak. Duh jelek banget. Bahkan suapan pertama masuk ke mulut Kian.



Loh loh, kok anak ini minta nambah.

Sepotong besar habis dia sendiri.

Akhirnya nyoba deh.

Nyamm.

Ya ampun.

Gigitan pertama, dan saya langsung teringat nukilan fabiayyi aalaa I rabbikuma tukadzzibaan…. Ini kue item jelek ndeso enak banget. Lumer di mulut, legit, nyoklat, manisnya pas, rasanya unik, ada sensasi berpasir yang justru bikin nagih.


Coba deh. I cant say no more about the delicacy of this black ugly cake.


Comments