Terang Bulan aka Martabak Manis aka Sweet Thick Indonesian Pancake

Saya suka kue Terang Bulan. Yang tebal dan bersarang tinggi, yang legit karena banyak mengandung butter, yang penuh isian meses dan keju parut, yang semakin nikmeh saat dimakan dingin dari kulkas. Errrr dimakan dingin? Bukannya martabak manis paling enak dimakan panas-panas ya? Iya emang, tapi ketika sudah dingin, apalagi kalo sudah nginep semalam di kulkas, kamu bisa tahu sebagus apa kualitas martabak manismu. Kalo masih enak, wah berarti itu martabak manis memang juwariyahhh.

tuh lihat seratnya 

Sejak mas belahan jiwa mulai agak ketat menerapkan food combining yang berarti mengkonsumsi sesedikit mungkin olahan tepung (roti, cake, mi, dsb), saya sudah sangat jarang sekali bahkan sudah tidak pernah dibawain terang bulan. Maka atas dasar tekad bulat ingin memuaskan diri sendiri, siang itu saya mantap membeli cetakan besi terang bulan ukuran 20 cm seharga 135ribu. Dan cetakannya beraaaaat.

Sampai rumah, dan tiga hari berikutnya, saya bikin 5 martabak manis dengan resep yang berbeda. Dari yang pake ragi, ga pake ragi, pake lelehan margarine, yang cuma pakai kuning telur, pakai kuning dan putih telur, semua dicobain. Dan dari kelima itu, masih belum ada yang sempurna sih menurut saya. Entah resepnya yang kurang atau emang saya yang kelewatan sesuatu. Tapi dari kelima itu, satu resep ini yang paling memuaskan.

Terang bulan

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang
½ sdt baking powder
75 gr gula pasir
1 butir kuning telur (dan bisa ditambah pewarna kuning telur agar warnanya cerah kyk yg dijual abang2 pinggir jalan)
¼ sdt vanili bubuk
¼ sdt ggaram
375 cc air (susu UHT plain)

Bahan Taburan per Loyang:
¼ sdt baking powder
¼ sdt baking soda

Cara Membuat:
1.      Ayak tepung terigu dan baking powder, masukkan gula pasir, tambahkan kuning telur, vanili dan garam
2.      Tuang air ke dalam adonan, aduk dengan whisk sampai lembut dan tidak ada gerindil. Bila masih ada gerindil, saring. Diamkan 1 jam, adonan siap digunakan. Pada langkah ini, biasanya saya tambahkan mentega cair sekitar 2 sdm atau lebih bila ingin hasil yang lebih berminyak.
3.      Panaskan Loyang dengan api kecil hingga panas betul. Untuk mengetahui apakah Loyang sudah cukup panas, tetesi Loyang dengan adonan, bila terdengar bunyi mendesis, artinya Loyang siap digunakan
4.      Bagi 2 adonan (untuk ukuran loyang 20-22 cm), tambahkan ¼ sdt baking powder dan ¼ baking soda, aduk rata, lalu tuang ke dalam Loyang. Tekan perlahan dengan dasar gelas dan arahkan ke sekiling pinggiran Loyang untuk mendapatkan pinggiran tipis yang renyah
5.      Biarkan adonan sampai mucul lubang-lubang kecil merata, tabur gula lalu tutup hingga matang. Angkat

ketika sudah mucul lubang-lubang di permukaan adonan seperti ini, baru boleh ditutup

6.      Oles terang bulan dengan mentega, tabur meses, keju parut, susu kental manis, anything! Potong 2 dan tumpuk, oles kulitnya dengan mentega, potong

throw anything you like! Sambel juga boleh!


7.      Enjoy! 


Comments